Summer Triangle

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Teens
Author:Hara Hope
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: 2005
Tebal: 178 halaman

Spoiler Alert!!!

Terus terang aku enggak suka sama covernya. Gelap euy! Ini satu-satunya cover teenlit yang pakai warna hitam (kata sebuah sumber yang bisa dipercaya, Hara memang maksa untuk pakai warna hitam). Mungkin maksudnya pengen ngegambarin langit malam yang penuh bintang. Sayang maksud itu nggak kesampaian.

Ceritanya sendiri puitis, romantis, filosofis sekaligus tragis. Coba baca yang ini: “Saat kamu menatap langit di malam musim kering, pandanglah langit utara, temukan tiga bintang yang membentuk segitiga, lalu dengar kisahnya. Kamu akan menemukan aku, teman-temanku, juga Orfeus yang kucintai.”
Aarrgghh… kata-katanya keren! Dapat wangsit dari mana, Hara?

Tapi aku ‘terganggu’ sama guyonan-guyonan Hara ketika membaca bab-bab awal. Hara bagus banget kalau nyeritain hal-hal romantis kayak malam penuh bintang atau legenda Yunani. Tapi guyonan kamu merusak suasana deh, bikin ilfil…

Cerita berawal ketika Vega ditantang bokapnya untuk memotret bintang jatuh. Terus, untuk berburu bintang itu Vega ditemenin Wiwi, sobatnya pergi ke… Jogja! [Fyi, ketiga pemenang Teenlit Writer GPU -Rosemary, Ken dan Hara- adalah penulis dari Jogja semua, atau minimal sedang berada di Jogja ketika cerita mereka ditulis. Jadi, maklum deh, kalau kisahnya pasti ada Jogja-nya, hehehe. Hidup Jogja! Jadi ikutan bangga-padahal asalnya Jogja Coret, hiks] Di Jogja, mereka ketemu sama Nina. Terus ada tokoh cowok, Rio, yang terobsesi sama perbintangan dan legenda orfeus. Menurut Rio, takdir hidup ketiga cewek tadi terikat sama rasi bintang Summer Triangle.

Endingnya tragis. Baca sendiri kali yaa. Yang pasti ada yang mati (sorry, spoiler). Aku kurang bisa menikmati cerita ini karena emang enggak suka sama perbintangan. Tapi aku salut sama Hara yang udah riset soal astronomi, sehingga ceritanya tentang bintang bisa detil dan meyakinkan. Tadinya aku cuma mau kasih dua bintang untuk novel ini, tapi karena aku harus obyektif, nggak cuman nurutin seleraku aja, bolehlah kukasih tiga bintang.

A.K.

Comments

ndut gila said…
sUmmEr triAngLe...
kisAh vEgA
kisaH wiwi
ninA
riO yAng mEngAku OrfEus yang kOnyoL
dAn sOpia yAng di anggaP riO sEbagAi Eridik


akU sUka bangEt Ending nyA

apA Lagi yAng ini :saaT kamU mEnatAp Langit di maLam mUsim kEring , pAndAng Lah kE Langit UtAra tEmuKaN 3 bintAng yAng mEmbEntUk sEgitigA LaLu dEngAr kisAhnyA ..kamU akAn mEnEmUkan akU .. tmAn2 kU dAn OrFeUs yAng akU cintAi ... :
kLo gAk saLah kayA gtUH bUnyi nyA..

bEeehhh mantEb bnEr dEh tUh katA2

akU kAsiH bintAng ini 4 dEh ;)
gOod LucK bUat mAs hArA .......
ade fahrun said…
bagus.....banget
w suka ceritanya romantis and menyedihkan w mang gak tau rasanya kesedihan tapi cerita ini masuk bangetke hati w moga aja cerita ini cuma khayalan bukan kenyataan moga bintang2 summer triangle selalu ada wat w
ade fahrun said…
bagus.....banget
w suka ceritanya romantis and menyedihkan w mang gak tau rasanya kesedihan tapi cerita ini masuk bangetke hati w moga aja cerita ini cuma khayalan bukan kenyataan moga bintang2 summer triangle selalu ada wat w

Popular posts from this blog

Lakemba Library

Kiriman Tak Sampai

Harness

Be Careful What You Wish For

Score!

Barbie this arvo?

SISTEM ZONASI SEKOLAH DI JERMAN: Pengalaman Lil A Masuk Gymnasium

Boxing Day

Satu, Dua, atau Tiga Kecupan?

Dewi Lestari dan Saya