Lakemba

Lakemba adalah nama suburb di mana saya tinggal sekarang. Suburb itu apa ya? Semacam wilayah sebesar Kelurahan gitu lah. Letaknya sekitar 15 km sebelah barat daya pusat kota Sydney. Untuk menuju pusat kota, bisa naik kereta dalam waktu 30 menit.

Tata kota di Sydney cukup bagus. Tiap suburb memiliki fasilitas umum dan pertokoan sendiri. Biasanya pusat pertokoan ada di dekat stasiun kereta, berdekatan dengan perpustakaan, kantor pos, bank, dan layanan kesehatan.

Separuh penduduk Lakemba adalah imigran, yaitu orang-orang yang lahir di luar Australia. Imigran terbesar adalah dari Bangladesh, kemudian berturut-turut Lebanon, China, Vietnam, Pakistan, Yunani, India dan Indonesia. Jadi bisa dibayangkan seperti apa kalau saya jalan-jalan di downtown. Lebih banyak bertemu orang-orang Bangladesh daripada Bule, hehehe.

Tinggal di Lakemba banyak enaknya juga. Karena sebagian besar penduduk di sini muslim, maka gampang sekali menemukan toko makanan dan restoran halal. Bahkan mungkin hampir semua toko menjual makanan halal, kecuali toko rokok dan minuman keras (to me, smoking with any substances is haram). Di sini juga ada toko yang menjual bahan makanan dari Indonesia. Jadi gampang sekali menemukan tempe Indonesia (percaya nggak? bungkusnya warna merah putih), segala merk mi instan, kerupuk, bermacam-macam sambal, bumbu-bumbu masakan instan, kacang garuda, teh botol, teh kotak, sampai pepsodent, kuku bima, dan balsem. Pelanggan toko ini tentu saja orang-orang Indonesia. Kami biasa berkenalan dan berkirim kabar ketika bertemu di toko ini, tentu saja pakai Bahasa Indonesia, lha ngapain? Duh, rasanya memang seperti di kampung sendiri.

Satu blok dari apartemen saya juga terdapat masjid yang merupakan salah satu masjid terbesar di Sydney. Nama resminya Masjid Ali ben Abi Taleb, tapi lebih terkenal dengan nama Masjid Lakemba atau Lakemba Mosque. Masjid ini dibangun dan dikelola oleh orang Lebanon. Tapi jangan salah, meskipun dekat, saya tidak pernah mendengar suara adzan dari masjid itu. Memang disini adzan dilarang dikumandangkan dengan pengeras suara, takut mengganggu penduduk sekitar yang bukan muslim. Kadang kangen juga sih sama suara adzan, apalagi kalau pas bulan puasa, menjelang magrib, hehehe...

Nggak enaknya tinggal di sini karena nggak ada supermarket besar yang dekat, seperti Woolworth atau Coles atau Aldi. Dulu ada sih IGA, tapi plasa tersebut terbakar tahun 2007 dan belum dibangun lagi sampai sekarang. Kalau speciality shop yang kecil-kecil memang banyak banget, seperti Toko Indonesia yang saya sebutkan tadi. Lainnya adalah toko Bangladesh (tentu saja), toko Arab, India, Pakistan, Lebanon, dll. Jadi lumayan repot kalau mau beli barang-barang 'umum' semacam susu, popok bayi, pantyline, shampo, sabun, tissue, minyak goreng, dll. Biasanya barang-barang ini lebih murah dibeli di supermarket besar. Biasanya kami akan belanja ke Campsie atau Bankstown, jaraknya masing-masing dua stasiun dari Lakemba.

Nggak enaknya lagi (yang ini menurut saya, menurut Nino sih nggak penting): nggak ada kios persewaan DVD umum semacam Ezy Video atau Blockbuster. Adanya ya itu tadi, toko-toko spesial yang juga menyewakan DVD film-film India atau Arab. Nino menyarankan kami berpindah orientasi saja, mengganti film-film Hollywood menjadi Bollywood. Ugh, nehi... nehi...

A.K.

Comments

^Risti me said…
lakemba brasal dari kata apa mbak? apa disitu ada danaunya?
^Risti me said…
lakemba brasal dari kata apa mbak? apa disitu ada danaunya?
ade kumalasari said…
Lakemba asal katanya "Lakeba", dibaca Lakemba juga, berasal dari nama pulau di Kepulauan Fiji. Setahuku nggak ada danau nya sama sekali. Begitulah yang saya baca di wikipedia ini, hehehe...
http://en.wikipedia.org/wiki/Lakemba,_New_South_Wales
ervin sunardy said…
wah distrik dengan multibahasa.. asik tuh mbak
hollywood to bollywood? wakakakk
semangat
ade kumalasari said…
acha.. acha... *sambil geleng-geleng kepala*
Sylvia Tomasu said…
hahaha, tapi enaknya lebih banyak dari nggak enaknya yah mbak... apalagi ada toko Indonesia dan banyak orang Indonesianya... serasa di kampung halaman,
ade kumalasari said…
iya, kayak di kampung nih. itu ibu2 sudah ngajakin arisan, hehehe...
Fakhri Zakaria said…
bapak-bapaknya maen gaple di pos ronda gak mbak ?
ade kumalasari said…
wah, baru ingat aku, di sini yang kurang adalah fasilitas pos ronda, hehehe
Silagra Brand said…
Very much it was pleasant! Thanks!
Silagra Brand said…
Very much it was pleasant! Thanks!
MURNI SANTI said…
SAYA MENGHARGAI ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
INI ADALAH CERITAKU

Saya MURNI SANTI, wanita Aa, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang MANAJER ESTATE NYATA dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan baru-baru ini, tidak ada yang mau meminjam uang kepada kami untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dalam konstruksi beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

Saya merasa frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN HUTAN GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan menghubungi perusahaan, petugas pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya tidak khawatir bahwa perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua saya bisa memberi mereka persyaratan yang merupakan informasi pribadi, yang saya lakukan.

Saya telah melalui semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengkonfirmasi saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman dimasukkan ke dalam akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Kami perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya berterima kasih kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

UNTUK MENGHUBUNGI KU
Murni Santi
murnisanti55@gmail.com
Urgent Loan said…
My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036

Popular posts from this blog

Memulai Investasi Reksadana

Live The Dream

Fitnes, Penting Gak Sih?

"LHO MASIH KECIL KOK SUDAH KELAS 2?"

Love at Every Byte

Kiriman Tak Sampai

Penulis Kurang Gizi

Testimonial

The Drama