Hampden Park Public School

Anindya (7 tahun) masuk sekolah lagi minggu ini, dimulai hari Senin yang lalu. Menurut aturan DET (Department of Education and Training) New South Wales, kami harus mendaftar di sekolah yang paling dekat dengan tempat tinggal. Ini kalau mau sekolah gratis di sekolah negeri loh. Kalau mau sekolah di swasta, silahkan pilih sekolahnya, jauh juga boleh, asal kuat bayarnya.

Mengurus surat-surat untuk sekolah dasar di sini tidak terlalu sulit. Pertama, anak usia sekolah (5 - 15 tahun) harus mendapat surat konfirmasi pendaftaran dari DET. Komunikasi dengan DET bisa dilakukan via email (iyalah, hari gini...). Formulir pendaftaran juga bisa diunduh dari website DET. Surat konfirmasi pendaftaran ini adalah salah satu syarat untuk mendapatkan visa. Dulu kami mengurus surat ini ketika masih berada di Indonesia. Persyaratan lainnya adalah sudah membayar uang sekolah sebesar AUD 4500 untuk satu tahun. Ini untuk siswa internasional yang umum. Anindya bisa gratis karena Ayahnya adalah pemegang beasiswa dari Universitas Pemerintah. Begitu juga kalau orang tuanya adalah pemegang beasiswa AUSAID, sekolah anak bisa gratis. Untuk warga negara dan penduduk tetap di sini tentu saja gratis tis. Ah, jadi membayangkan, kapan sekolah di Indonesia bisa gratis tis tanpa tambahan ini itu.

Nah, setelah anaknya tiba di Sydney, dan sudah tahu mau sekolah di mana, kami harus mengirim kembali surat konfirmasi pendaftaran yang sudah di cap oleh sekolah ke DET, kali ini via pos. Kemudian DET mengirim surat authority to enrol kepada orang tua dan pihak sekolah. Baru surat itu bisa dijadikan jaminan masuk sekolah. Kami mendapat surat tersebut hari Kamis minggu lalu, sehari setelah saya dan Anindya mendarat di Sydney. Hari Seninnya kami langsung mengurus di kantor sekolah, dan langsung bisa masuk hari itu juga.

Hampden Park Public School, sekolah Anindya sekarang merupakan sekolah multi etnis yang besar. Tiap tingkatan mempunyai 3-5 kelas paralel. Jarak sekolah ke apartemen tidak terlalu jauh, hanya 7 menit berjalan kaki. Anindya langsung masuk kelas 2, sesuai usianya. Tahun ajaran baru di NSW dimulai Januari, beda dengan Indonesia yang mulai Juli. Satu tahun dibagi menjadi 4 term. Term pertama akan selesai minggu depan. Setelah itu libur panjang sekitar dua minggu. Jadi Anindya hanya sempat sekolah dua minggu, kemudian libur lagi. Di sini memang banyak liburnya. Tiap akhir term, libur dua minggu. Tiap akhir tahun ajaran, bisa libur lebih dari satu bulan, biasanya menjelang natal 22 Desember sampai akhir Januari.

Selain banyak liburnya, kurikulum di NSW juga mudah, gampang diikuti. Intinya, di sekolah dasar, anak-anak belajar Math, English, Science, Art dan Sport. Untuk membantu memperlancar kemampuan bahasa Inggrisnya, Anindya mengikuti kelas ESL (English as Second Language), setiap hari di sekolah.

Ada beberapa anak Indonesia yang bersekolah di sini. Lucunya, ketika kami mendaftar, kami sempat meminta Anindya dimasukkan ke kelas yang ada anak Indo-nya, biar dia gampang berteman, eh, officer nya malah bilang, "Well, the teacher can speak Bahasa. How's that?"  Ternyata guru kelas Anindya adalah perempuan muda keturunan Indonesia. Namanya Miss Sarah Sungkar. Tapi Bahasa Indonesianya aneh dan kaku. Wajar aja karena dia lahir dan besar di sini.

Wah, jauh-jauh ke Sydney dapat guru keturunan Indonesia juga, hehehe...

A.K.

Comments

Heuheuheu...lama ngga baca-baca blogmu, Mbak. Terjawab sudah kepenasaranku akan sekolah Didi yang kutanyain tadi pagi :D Keep writing ya, Mbak. Ku kan jadi pembaca setia blogmu dah.
ervin sunardy said…
ceritanya bolak balik ngirim surat ya...
heheh
Dini Rachmawati said…
Selamat ya buat Anindya yang udah sekolah.. Btw, bahasa Indonesia diinggriskan jadi Bahasa aja ya.. kok aneh :)
ade kumalasari said…
thank you, Sang. you made my day :-)
ade kumalasari said…
iya nih, surat-suratan sama depdiknas
ade kumalasari said…
Thanks dini. Di sini memang biasa orang bilang I can speak Bahasa atau kadang bilang I know Bahasa, sedikit-sedikit. They think Bahasa = Indonesian language.
ervin sunardy said…
many people said like that. bahasa = indonesian language
hehe
secara bahasa = language
ade kumalasari said…
sudah telanjur salah kaprah, susah dibenerin lagi.
ikhwan mahfud said…
hai, mala. baca tulisan2mu, sepertinya menyenangkan hidup aussie. nyusul ah, kapan2, hehehe....
ade kumalasari said…
ayo, nyusul aja. ntar ketemu di depan opera house ya... deket angkringan orang jual es, hehehe...
Sylvia Tomasu said…
Cerita cerita mu sangat menarik deh mbak... aku juga pembaca setiamu..:))
ade kumalasari said…
makasih ya... aku juga nengok blog-mu ah...
Fakhri Zakaria said…
lho sekarang sudah gratis lho mbak, cuma perlu mbayar uang gedung, uang seragam, uang buku, uang perpisahan, dan uang-uang lainnya...
MURNI SANTI said…
SAYA MENGHARGAI ANDA SEMUA DI HALAMAN INI
INI ADALAH CERITAKU

Saya MURNI SANTI, wanita Aa, ibu, saudara perempuan dan teman dari (Bekasi), Indonesia, saya seorang MANAJER ESTATE NYATA dan saya telah mengalami banyak tekanan keuangan baru-baru ini, tidak ada yang mau meminjam uang kepada kami untuk menyelesaikan proyek komersial kami yang telah dalam konstruksi beberapa bulan sekarang. Saya telah ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman palsu yang mengklaim sejumlah besar uang dari saya tanpa kami tidak menerima pinjaman.

Saya merasa frustrasi, suami saya mencoba yang terbaik dan membantu, saya akan bunuh diri karena rasa sakit, itu terlalu berat untuk ditanggung dan saya kehilangan semua harapan, sampai saya diperkenalkan kepada SEMUA PINJAMAN HUTAN GLOBAL sebuah perusahaan pinjaman yang disponsori oleh bank dunia itu sendiri.

Saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dan menghubungi perusahaan, petugas pinjaman mereka yang benar-benar memberi saya harapan dan mengatakan kepada saya tidak khawatir bahwa perusahaan akan meminjamkan uang kepada saya, bahkan ketika jumlah yang saya butuhkan sangat besar, dan semua saya bisa memberi mereka persyaratan yang merupakan informasi pribadi, yang saya lakukan.

Saya telah melalui semua proses, mereka berjanji untuk meminjamkan uang yang saya minta setelah mengkonfirmasi saya memenuhi syarat untuk pinjaman, saya diminta untuk menunggu, yang paling mengejutkan adalah pinjaman dimasukkan ke dalam akun saya dan saya mengkonfirmasinya .. Kami perusahaan kembali secara finansial dan keluarga saya baik-baik saja, ini membuat hidup saya lebih baik, saya berterima kasih kepada Allah dan kepada SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL
GMAIL ..... allglobalgrantloan@gmail.com

UNTUK MENGHUBUNGI KU
Murni Santi
murnisanti55@gmail.com
Urgent Loan said…
My name is Mrs.Aisha Mohamed, am a Citizen Of Qatar.Have you been looking for a loan?Do you need an urgent personal loan or business loan?contact Dr James Eric Finance Home he help me with a loan of $42,000 some days ago after been scammed of $2,800 from a woman claiming to been a loan lender but i thank God today that i got my loan worth $42,000.Feel free to contact the company for a genuine financial service. Email:(financialserviceoffer876@gmail.com) call/whats-App Contact Number +918929509036
Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijak.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: 1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: 6288286919466
Salam Hormat
Anonymous said…
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Data pribadi
negara: Indonesia
Nama:Queen Jamillah
Alamat: Nusa Lembongan
Telepon:+62 856-9328-4991
WhatsApp:+62 856-9328-4991
https://twitter.com/queen_jamillah
e_mail:queenjamillah09@gmail.com
Sudah dua tahun sekarang saya telah memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam 700 juta dari Perusahaan Pinjaman Iskandar Lestari dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya dapat membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi bisnis saya lebih lanjut sehingga saya menyerahkan 2,7 miliar setelah melalui proses hukum saya transaksi telah disetujui oleh otoritas dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya dicapai dengan mudah. Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ms. Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi Pemberi Pinjaman ISKANDAR hari ini
e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.
Bank Instrument said…
My name is Mohammed Ahsan I'm a financial Consultant of a reputable firm Operating out of the United Kingdom
we provide Discrete Financial, Services for High Net Worth CEO's/Executives of Corporation & Senior Government Officials globally.
What we do is Legal & within the ambit of the law but following the Leakage of the Infamous United Kingdom
Papers & subsequent threat by the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ)
International Criminal Court (ICC)
Below is what my Sender can offer.
1, MT103 gpi automatic
2, MT103 wire transfer
3, MT103 TT
4, MT103/202 manual download
5, SBLC lease and Purchase

All bank instrument will be done via bank officer to bank officer, Receiver has to provide bank officer details
on DOA all brokers are welcome and guarantee of there payment after successful deal
kindly send me a message via email and WhatsApp.


Email: mohammedahsan877@gmail.com

WhatsApp- +19893413179

Popular posts from this blog

Memulai Investasi Reksadana

Live The Dream

Fitnes, Penting Gak Sih?

"LHO MASIH KECIL KOK SUDAH KELAS 2?"

Love at Every Byte

Kiriman Tak Sampai

Penulis Kurang Gizi

Testimonial

The Drama