Nasi Goreng

Dulu saya tidak tahu kalau makanan khas Indonesia adalah nasi goreng. Saya baru 'ngeh' setelah tahu nasi goreng begitu populer di Sydney.

Orang sini menyebut dan menuliskannya: Nasi Goreng, bukan fried rice. Mereka melafalkannya dengan 'go' yang panjang, menjadi nasi goooreng. Masakan khas Indonesia ini, selain menjadi menu wajib di warung Indonesia, juga menjadi menu sarapan pagi di kafe-kafe.

Suatu ketika saya makan siang di Marrickville Post Cafe (hehe, gaya banget ya?). Saya deg-degan juga karena baru kali ini saya memberanikan diri makan di kafe. Sendirian dan hamil besar lagi. Biasanya saya ke kafe cuma beli kopi, itu aja kafe yang di pinggir jalan. Kafe-kafe di sini biasanya mempunya 2-3 menu pilihan untuk setiap jam makan. Saya lihat di daftar menu untuk hari ini, ternyata menu sarapannya adalah Special Nasi Goreng: fried rice with shredded chicken and spring onion, topped with fried egg. Batin saya, kalau cuma begitu mah saya bisa bikin sendiri di rumah, nggak perlu ke kafe. Untung saya datang untuk makan siang. Akhirnya saya pilih menu yang ini: "Salt and pepper squid served with kumera and rocket salad". Artinya: cumi-cumi goreng tepung diberi taburan lada hitam dan garam, disajikan dengan potongan ketela rebus dan lalapan daun pahit. Lumayan enak sih, cuman enggak kenyang.

Selain nasi goreng, masakan Indonesia lain yang populer di sini adalah Gado-gado. Mereka juga melafalkannya gado-gado. Biasanya di restoran atau di buku resep ditulis keterangan: vegetable salad with peanut dressing. Yang juga populer adalah kecap manis dan Indomie. Kecap manis biasa digunakan di resto-resto Asia seperti Cina, Thailand dan Vietnam. Sementara Indomie goreng bisa dibeli di mana-mana, mulai di supermarket besar sampai warung kepunyaan orang Arab atau Bangladesh. Indomie banyak disukai karena harganya murah, hanya 45 sen, separuh dari harga mie instan lainnya, sementara rasanya jauh lebih enak.

Jadi jangan heran kalau suatu saat Anda mengunjungi Sydney ada yang bilang begini, "Are you from Indonesia? Apa kabar? I like Nasi Goooreng."

A.K.


Comments

Dini Rachmawati said…
:)) berarti emang gak bisa jauh dari nasi goreng dan Indomie walopun di luar negeri juga.. Waktu di Mekkah juga banyak banget bahan2 masakan dari Indonesia kayak Indomie dll cuma pake bahasa Arab tulisannya
Yunisa - said…
ya gt deh. Di belanda jg hehe
Fakhri Zakaria said…
magelangan ada gak mbak ?
^Risti me said…
i like nasi gooooreng too
Leila Niwanda said…
Jadi sebetulnya nggak terlalu sulit menemukan makanan Indonesia di luar sana ya Mbak... meski cuma di negara tertentu dan itu juga kalau makan nasgor/indomie/gado-gado melulu ya bosen :D.
Di rumah sy, nasi goreng adalah menu darurat kalo gak ada lauk lain... He3
andry setiawan said…
D jepang juga.Nasi goreng ma Mi goreng. Rasanya semua tahu deh. Hehehe
klub sastra said…
Bule-bule di tempatku juga doyan nasi goreng. Kayaknya masakah ini bisa diterima lidah mereka. Ada juga yg suka Bakwan Malang.
adelina fauzie said…
Mungkin karena di Aussie banyak orang Indonesia juga, sama seperti di Belanda, kalau tempat2 banyak orang Asia atau Indonesianya, makanan kayak nasgor gtu ga bakal susah nyarinya. Tapi kalo di Eropa bagian lain, mungkin susah juga ya, misalnya kalo di Paris, palingan nemunya resto China dan Turkey kalo mau cari yg pas buat perut, kalo nyari nasgor, agak susah juga tuh kayaknya. Hmm... Gimana dgn harga nasgor di sana, Mala?
nasi goreng memang mantabbb...favorit saya adalah nasgor bikinan sendiri..super pedesss
dulu pernah ketemu backpacker asal jerman, dia juga suka banget sama nasi goreng...
Donna Nadira said…
I love nasi goooreng!
indah zetha said…
Hmmm... Yummy...
ade kumalasari said…
yup, Indomie kan diekspor ke banyak negara.
ade kumalasari said…
denger-denger di Belanda juga terkenal tahoe Indo ya? bukan tofu.
ade kumalasari said…
tunggu ya sampe aku buka warung tenda sendiri... hehehe. aku juga kangen nih magelangan, nggak bisa masaknya.
ade kumalasari said…
kalau di sini sih lumayan banyak warung Indonesia juga, jadi menunya nggak cuma nasgor atau gado2.
ade kumalasari said…
kalau saya, begitu ada leftover, sisa makanan semalam, langsung paginya disulap jadi nasgor.
ade kumalasari said…
lumayan ya Indo terkenal dari masakannya.
ade kumalasari said…
hohoho, jangan sebut2 bakwan malang, sensitif nih dengernya, kangen banget!
ade kumalasari said…
kalau di kafe, bisa 12-15 dolar. kalau di warung Indo cuma 7-9 dolar seporsi, cuman dikit porsinya.
ade kumalasari said…
tambahin terasi, tambah mantab!
ade kumalasari said…
love it too.
ade kumalasari said…
jadi laper ya ngomongin makanan...
true wahid said…
ada nasi goreng?
wah, bisa jadi obat kangen rumah bagi yg lg di rantau ya?
hahaha, btw tulisan ini cocok untuk mengisi blognya kokidol..hehe, terimakasih atas info kulinernya
ade kumalasari said…
bener mas. cuman kadang eman2 beli nasgor di warung, kan bisa bikin sendiri di rumah.
ervin sunardy said…
saya penggemar nas-gor. gak nyangka bule suka ma nas-gor n gado2 ya
ade kumalasari said…
makanya upload dong... pengunjung setia kecewa nih blog nya telat di-update.
ade kumalasari said…
tapi bule sukanya versi mild-nya. gak tahu deh kalau versi pedas atau versi terasi nya, hehehe...
true wahid said…
eman2 beli karena bisa bikin sendiri? aduhh, ini mah ibu-ibu rumah tangga banget alasannya... heheheh.
tapi, kalau aku bisa masak, kayaknya emang lebih puas bikin sendiri kok.
dayanti herman said…
I dayanti, pls kamu perlu berhati-hati sama truewahid atau maz wahid kerna dia adalah penjenayah yang diburui polisi indonesia atas jenayah cyber, meras ugut dan berbagai jenayah lain, kamu harus jauhi dia kerna dia bisa merosakkan kebahagian yang kamu miliki, modus operandinya untuk uang, jika kamu macam-macam sama dia sampai detiknya kamu ngak bisa atasi dia. photo saya telah ditelanjanginya dan maklumat personal saya telah dicopynya untuk diperlakukan macam-macam sama public, jauhi diri kamu dari manusia bertopengkan syaitan. buat pengetahuan kamu dia bisa jadi macam-macam di alam cyber bagi mengaburi identitinya, sama ada kamu percayain atau engak terserah, sebagai bukti blognya udah ditutupi kerna takut dijejaki polisi, yang pasti AWAS JAUHI DIA!
true wahid said…
ditambahi lagi aja : maz wahid itu ahli rakit bom keluaran afganistan,
di buru CIA KGB FBI dan MOSSAD, ahli rakit nuklir eceran juga. heheheh

hebat bener ya?

awas jauhi aku !!

Popular posts from this blog

Memulai Investasi Reksadana

Live The Dream

Fitnes, Penting Gak Sih?

"LHO MASIH KECIL KOK SUDAH KELAS 2?"

Love at Every Byte

Kiriman Tak Sampai

Penulis Kurang Gizi

Testimonial

The Drama