12 Buku Cerita Berbahasa Inggris Untuk Batita dan Balita


Banyak yang bertanya pada saya, bagaimana mengajari anak agar gemar membaca. Jawabannya sederhana: (1) orang tuanya harus memberi contoh, (2) ajak untuk menyenangi bacaan sejak dini. Diajak untuk menyenangi buku ya, bukan berarti diajari membaca sejak dini :) Kalau sudah senang sama buku, anak-anak otomatis ingin belajar membaca.

Di sini saya merekomendasikan 12 buku cerita bergambar (berbahasa Inggris) untuk anak di bawah tiga tahun. Sebenarnya saya bisa merekomendasikan ratusan buku yang asyik, tapi yang 12 ini spesial, favorit kami dan yang paling sering kami baca. Little A, sekarang usia 7 tahun, masih sering baca sendiri buku-buku ini. Big A yang sudah umur 14 tahun juga kadang mengintip buku ini. Lha saya saja yang sudah kepala tiga tetap suka membaca buku anak-anak yang asyik kok :) Yang ingin memulai membangun perpustakaan pribadi, bisa membeli satu buku tiap dua bulan ketika anak berusia 1 tahun. Harganya di bawah $10 dolar semua, jadi nggak berat kan? Ketika anak usia 3 tahun, dia sudah punya koleksi 12 buku yang asyik untuk dibaca berulang-ulang.

Mengapa Bahasa Inggris? Sebenarnya tidak harus selalu buku berbahasa Inggris. Bahasa ibu tetap yang utama untuk diajarkan. Tapi saya merekomendasikan buku-buku ini karena buku anak-anak berbahasa Inggris relatif lebih menarik dan sederhana alur ceritanya, dan menghibur tanpa menggurui sehingga memori awal anak-anak tentang membaca (dibacakan) buku adalah suatu kegiatan yang menyenangkan. Buku-buku ini bisa dibacakan sebelum tidur dan di waktu senggang, bisa selesai sekali duduk kok, tidak sampai 30 menit. Saya juga pusing kalau anak-anak minta dibacakan buku-buku yang banyak tulisannya, hehe.

Buku ini bisa digunakan untuk memperkenalkan bahasa Inggris sederhana. Tapi kalau ada yang masih khawatir bahasa Inggris akan 'merusak' bahasa Ibu, bacakan saja dalam bahasa Indonesia, tidak masalah dan tidak ada yang melarang :D Dua anak saya dwi bahasa dan tidak bingung karena kami tidak campur-campur menggunakan dua bahasa. 

Dua belas buku ini memenuhi kriteria buku anak yang bagus menurut saya:
1. Cerita menarik, alur sederhana. Semua cerita di sini hanya punya satu tujuan, dan jalan mendapatkan goal itu dilakukan berulang-ulang. Nanti akan ada kejutan sebelum ending dan ditutup dengan ending yang manis. Alur cerita seperti ini akan lebih mudah membuat anak-anak tertarik pada cerita, ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.


2. Ilustrasi menarik dengan warna-warna dasar, tulisannya sedikit sehingga bisa dibacakan sekali duduk. Bahkan ada beberapa buku yang halaman bergambarnya tanpa tulisan sama sekali. Ini saatnya kita improvisasi dan ngobrol dengan anak-anak ;)

 
3. Harganya tidak terlalu mahal. Maklum emak-emak, masih harus beli beras :p

Moral ceritanya di mana? Moral cerita bisa kita temukan sendiri untuk setiap cerita yang bagus. Saya biasanya malah menanyakan moral ini pada anak saya, bagaimana tanggapan dia terhadap cerita di buku. Kadang saya terkejut karena pendapat anak saya lebih canggih daripada yang saya pikirkan. Dan... tidak semua buku harus punya moral atau hikmah cerita. Untuk buku anak-anak yang usianya masih sangat dini, saya lebih suka membacakan buku untuk kesenangan (reading for pleasure). Saya tidak ingin ingatan awal anak saya ketika dibacakan buku menjadi momen yang tidak menyenangkan.

DAFTAR BUKU BATITA RECOMMENDED
1. Judul: Dear Zoo
Penulis: Rod Campbell

 
2. Judul: Where's Spot
Penulis: Eric Hill

3. Judul: Rosie's Walk
Penulis: Pat Hutchins

4. Judul: The Very Hungry Caterpillar
Penulis: Eric Carle

5. Judul: Where is the Green Sheep?
Penulis: Mem Fox

6. Judul: Share Said The Rooster
Penulis: Pamela Allen

7. Judul: Mr McGee and the Perfect Nest
Penulis: Pamela Allen

8. Judul: Is Your Grandmother a Goanna?
Penulis: Pamela Allen

9. Judul: We're Going on a Bear Hunt
Penulis: Michael Rosen, Helen Oxenbury

10. Judul: Who Sank the Boat?
Penulis: Pamela Allen

11. Judul: But No Elephants
Penulis: Jerry Smath

12. Judul: There Was an Old Lady Who Swallowed a Fly
Penulis: Simms Taback

Buku-buku ini bisa dibeli di Book Depository dengan gratis ongkir ke Indonesia. Cuman memang shipping-nya lama, sekitar 3 mingguan. Tip kalau beli di Book Depository, beli satu per satu aja, jangan banyak-banyak, nanti ketahan custom (we don't wan't that).

Biar dapat cashback (sampai 3,5%) kalau belanja online, daftar akun SHOPBACK pakai referalku ya. Setelah belanja pertama kali langsung dapat cashback 40 ribu, lumayan banget ☺️👍

~ A.K. 

Baca juga:

TIP MEMBACAKAN BUKU UNTUK ANAK BATITA


 

Comments

Assalamualaikum wr.wb


Kami adalah perusahaan pinjaman online terkemuka yang menyediakan layanan yang sangat cepat dan mudah dengan suku bunga rendah untuk pinjaman, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda dalam membangun bisnis Anda dan membuat Anda mandiri secara finansial. Anda harus siap untuk mengembangkan bisnis Anda dan memberi diri Anda dan keluarga Anda kehidupan yang lebih baik dan kesempatan untuk lebih nyaman dengan kehidupan, jangan hanya duduk di sana dan berharap semuanya akan berbalik. ini adalah kesempatan Anda untuk bebas dari semua hutang Anda, dan meningkatkan status keuangan Anda, meminta sejumlah pilihan Anda dan kami akan menyediakannya untuk Anda dalam waktu kurang dari 3 hari. ini adalah kesempatan yang telah Anda doakan, hubungi kami hari ini dan Anda akan sangat senang Anda melakukannya.

Hubungi kami dengan.
Perusahaan: Arab Credit Group
Email: Arabcreditgroup@gmail.com
Nurliana Novi said…
Selamat siang untuk seluruh WNI dan juga seluruh ASIA, nama saya Bu Nurliana Novi, mohon, saya ingin membagikan testimoni hidup saya di sini pada platform ini untuk semua WNI dan seluruh asia agar berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah benar-benar telah mendukung saya melalui ibu. Ibu Elina yang baik hati

Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus-menerus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

Saking nekadnya mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Bu Elina yang merupakan pemilik perusahaan pemberi pinjaman global, maka teman saya tersebut meminta saya untuk melamar ke Bu Elina, maka saya pun memberanikan diri. dan menghubungi Nyonya Elina.

Saya mengajukan pinjaman sejumlah Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan jaminan untuk pinjaman transfer Saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disimpan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberikan saya keinginan hati saya.

Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.

Semoga ALLAH memberkati Bunda Elina yang telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang berminat untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman anda
Ada perusahaan palsu online lainnya yang menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran ke ibu`` tolong hati-hati orang-orang ini oke

Akhir kata saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup kalian. Satu lagi nama saya mrs nurliana novi, kalian dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut. melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

Popular posts from this blog

Memulai Investasi Reksadana

Live The Dream

Fitnes, Penting Gak Sih?

"LHO MASIH KECIL KOK SUDAH KELAS 2?"

Love at Every Byte

Kiriman Tak Sampai

Penulis Kurang Gizi

Testimonial

The Drama