TIP MEMBACAKAN BUKU UNTUK ANAK BATITA & BALITA


1. Luangkan waktu rutin untuk membacakan buku. Misalnya sebelum tidur, atau ketika Ayah/Ibu pulang dari kerja. Anak akan menanti-nanti waktu tersebut.

2. Pilih tempat yang nyaman dan tenang. Jauhkan distraksi seperti mainan, TV, dan gadget ortunya :))

3. Baca dengan suara keras dan bersemangat. Saya biasanya membacakan dengan teatrikal sesuai cerita yang ingin disampaikan, tidak dengan nada yang datar-datar saja.

4. Jangan terlalu cepat membaca. Berhentilah sesekali, tanyakan apa yang kira-kira akan terjadi selanjutnya.

5. Nikmati gambar-gambar yang ada di buku. Obrolkan dengan anak. "Wah, biri-birinya lucu banget ya. Kamu suka yang warna apa?"

6. Selesai membaca, diskusikan ceritanya dengan anak. Menurutmu bagaimana cerita tadi? Kamu suka akhir ceritanya? Kamu punya usulan akhir cerita yang lain? Tokoh mana yang kamu suka? Mengapa kamu suka tokoh tersebut? Kalau kamu jadi si tokoh tersebut, apa yang akan kamu lakukan? Dst.

7. Kalau anak mulai ngambek tidak mau mendengarkan, jangan dipaksakan. Saya sering mengalami ini, emaknya sudah semangat membacakan buku, anaknya ngambek. Biasanya saya diamkan dulu, jangan sampai anak mendengarkan cerita dengan terpaksa. Dalam kesempatan lain yang lebih tenang, saya akan membaca sendiri buku ini keras-keras dan berkomentar dengan antusias. "Wah, kok bisa begini ya?" "Hahaha, pinter banget si tokoh ini." Biasanya anak saya jadi penasaran, mendekati saya dan mulai mendengarkan ;)

Semua anak suka membaca. Kalau belum suka, mungkin dia belum menemukan buku yang tepat.


~ A.K.

Comments

Popular posts from this blog

Memulai Investasi Reksadana

Live The Dream

Fitnes, Penting Gak Sih?

"LHO MASIH KECIL KOK SUDAH KELAS 2?"

Love at Every Byte

Kiriman Tak Sampai

Penulis Kurang Gizi

Testimonial

The Drama